Selasa, 12 Maret 2013

Drama 5 Anak " Terlanjur Bodoh"

Terlanjur bodoh

Suatu hari di sebuah desa, hiduplah seorang tabib dan pembantunya yang amat sangat bodoh.
Tabib        : “Sompil,,kesini kau ! ambilkan obat flu di laci !”.
Sompil      : “Sebentar tuan ,,, 2 jam lagi saya ambilkan !”.
Tabib        : “Sekaraaaang !!”.
Sompil      : “Baik tuan !” (lari mengambil obat) “ini tuan”.
Tabib        : “Lhoo obatnya kok berwarna ungu,,obat apa ini ?”.
Sompil      : “Obat diare tuan”.
Tabib        : “Sompil sompil... saya itu lagi flu bukan diare”.
Sompil      : “Kan sama saja tuan , Cuma beda jalan kluarnya, kalo flu lewat depan kalo diare lewat blakang”.
Tabib        : “Dasar sompil !! cepat ambilkan obat flu dan bawakan makanan!”.
Sompil      : “Baik tuan” (sompil pergi dan kembali dengan membawa makanan)” ini tuan obat sama makanannya”.
Tabib        : “Lhoo makanan apa ini?”.
Sompil      : “Makanan kucing tuan”.
Tabib        : “Apa ??  sejak kapan saya makan makanan kucing?”.
Sompil      : “Sejak  kemarin tuan”.
Tabib        : “Appaaa??”.
Sompil      : “Maaf tuan, beras sama lauk uda pada abis,, yang ada Cuma itu”.
Tabib        : “Terus knapa kamu gak minta uang blanja”.
Sompil      : “Hehehe malu atuh,,”. ( sambil senyam-senyum)
Tabib        : “Dasar sompiiiilll !!!”.
Tak lama kemudian datang seorang tamu
Mia            : “Assalamu’alaikum
Tabib         : “Wa’alaikumsalam,, ada tamu, cepat buka kan pintu!”
Sompil       : “Baik tuan !!( membuka pintu lalu kembali kepada tuan )
Tabib         :  “Lhoo.. knapa kesini lagi, mana tamunya??
Sompil       : “Di depan pintu tuan
Tabib         : “Kenapa tidak di suruh masuk?”
Sompil       : “Tadi tuan tidak menyuruh masuk.”
Tabib         : “Pintar sekali kau ini !! suruh masuk oon dan tanya ada perlu apa !
Sompil       : “Eh eh eh baik baik.”(lari menghadap tamu)
Mia            : “Permisi..pak tabib nya ada??
Sompil       :“Ada, silahkan masuk !! ada perlu apa ya mbak ??
Mia            :“Saya ada perlu dengan pak tabib.”
Sompil       : “Iya,,ada perlu apa?”
Mia            : “Ya perlu dengan pak tabib.”
Sompil       : (bingung)“Kalau pak tabib tidak ada perlu dengan anda bagaimana ??
Mia            : “Lhoo.. ya harus perlu dong.”
Sompil       : “Tapi tadi pak tabib tidak bilang kalau ada perlu.”
Mia            : “Yang ada perlu itu saya, bukan pak tabib.”
Sompil       : “Kalau begitu tidak ada hubunganya dengan pak tabib,, silahkan pulang saja !!
Mia           : “Lhooo bagaimana sih ini.. sudah sana panggilkan pak tabib, sekalian bawakan jus jeruk sama makanan ringan,,,cepat !!
Sompil       : (pergi dengan bingung ),,“Tuan, ada tamu !!
Tabib         : “Sudah tau.”
Sompil       : “Kok tau??
Tabib         : “Namanya juga tabib,, siapa tamunya ??
Sompil       : Anu tuan ,, cewek ,, tapi bloonnya minta ampun !!
Tabib         : “Kaya kamu pintar saja !! sudah sana buatkan minuman !!
Sompil       : “Baik tuan.”(pergi)
Sang tabib menemui tamunya
Tabib         : “Ada perlu apa dik?”
Mia            : “Dak dik dak dik , kapan aku jadi adik kamu??”
Tabib         : (mengelus dada ) “ada perlu apa mbak??”
Mia            : “Kok malah panggil mbak sih, aku nggak mau punya adik kayak kamu.”
Tabib         : “Semprul ” (berteringak ) “maunnya di panggil apa ??”
Mia            : “Mia, M-I-A”
Tabib         : “Nama panjangnya ??”
Mia            : “Miaaaaati.” (dengan bangga menyebutkan namanya)
Tabib         : “Nama kaya gitu aja bangga banget.”
Mia            : “Suka suka dong , nama,nama gue, masalah buat lo !!”
Sompil datang dengan membawa makanan dan minuman
Sompil       : “Ini makanan sama minumnya.”
Tabib         : (heran) “Dari mana kamu dapat makanan ini?”
Sompil       : “Dari dapur  tetangga tuan.”
Mia            : “Makasih !!” (sambil minum ) “eh eh kipasin dong ! panas banget disini !!”
Sompil       : “Semprul.”
Tabib         : “Sebenarnya ada perlu apa anda kemari ??”
Mia           : “Begini lo pak , saya itu lagi sakit, tapi saya sudah mencari obat keman-mana  tapi tidak ada yang berhasil, mungkin pak tabib bisa menolong.”
Tabib         : “Oh, bisa-bisa, apapun penyakit anda saya bisa menyembuhkan.”
Sompil       : “Preet !!”
Tabib         : “Diam kamu, ada keluhan lain ?”
Mia           : “Ada-ada, saya itukan cantik, imut, putih, baik hati, suka menolong, suka menabung, setia, kurang apa coba ?”
Sompil       : “Kurang tinggi mbak.”
Mia            : “Diam kamu ! bagaimana ini pak tabib ?”
Tabib         : (heran) “Sebentar,, anda ini sebenarnya sakit apa ?”
Mia            : “Sakit hati pak! Saya di putusin pacar dan saya ingin balas dendam pak.”
Tabib         : “Alamaaak, anda pikir saya dukun santet disuruh balas dendam.”
Mia            : “Lho, tadi katanya bisa.”
Tabib         : “Kalau sakit badan saya bisa, tapi kalau sakit hati, mana bisa!”
Mia            : “Ya harus bisa dong!”
Tabib         : “Ooo tidak bisa.”
Mia            : “Bisa.”
Tabib         : “Tidak.”
Mia            : “Bisa.”
Tabib         : “Tidak.”
Sompil       : “Diaaaam! Biar saya saja yang mengobati.”
Tabib+Mia : “Memang bisa?”
Sompil       : “Begini, pergi ke alamat ini.”
Mia            : “Alamat siapa ini?”
Sompil       : “Dokter  jiwa.”
Mia            :  “Ya ya , saya akan kesana. Terima kasih.”
Sompil       : “Mbak mbak.” ( jentik jari )
Mia            : “Oh iya lupa, ini.” ( memberi sebuah permen )
Tabib         : “Hahahahaha, pintar sekali anda mbak.”
Mia            : “Nanti kalau kurang saya masih punya dikantong.”
Sompil       : “Asiiin !!!”
Mia            : “Mbak, permen itu manis. Yang asin itu gula. Permisi !!”
Kemudian Mia meninggalkan rumah tabib
Tabib         : “Saya mau istirahat dulu, nanti kalau ada tamu, beritahu saya !”
Sompil       : “Baik tuan.”
Tak berselang lama,ada dua orang yang sedang kebingungan mencari sebuah rumah. Tepat di depan rumah tabib mereka berbincang-bincang.
Mami        : “Papi, benar ini rumahnya ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Kalo salah alamat gimana ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Kalau bukan ini yang mana ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Yang ini apa yang itu ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Kok sepi, ada orangnya gak ya ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Papi yakin nggak ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Papi itu tau nggak sih ?”
Papi           : “Nggak tau, mau tanya apa lagi mi ?”(mulai kesal)
Mami        : “Nggak tau.”
Papi           : “Masuk aja yuk !”
Mami        : “Eh bentar, kira-kira dukunnya pintar ngak ya ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Kalau serem gimana ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Kalau kita ditipu gimana ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : ( ploook  ! menampar pipi kiri papi ) “Bisa nggak jawab selain nggak tau ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : “Sudah-sudah ayo masuk.”
Mami dan papi mengetuk pintu rumah tabib
Papi           : “Permisi.”
Mami        : “Permisi.”
Papi           : “Spada.”
Mami        : “Spada.”
Papi           : “Punten.”
Mami        : “Punten, ini rumah apa . . .”
Papi           : “Nggak tau.”
mami         : (menampar pipi kanan papi)
Papi           : “Sakit tau ?”
mami         : “Gak tau.”
Sompil menuju pintu dan membuka pintu.
Sompil       : “ada perlu apa ?”
Mami        : “Ada perlu sama tabib.”
Sompil       : “Silahkan masuk, silahkan duduk, silahkan pulang.”
Papi+mami: (masuk rumah lalu  melangkah pulang )
Mami        : “Lho, kok pulang pi ? ini yang bodoh kita apa dia ?”
Papi           : “Nggak tau.”
Mami        : ( kembali ke sompil ) “Eh eh gimana sih ? kok kita disuruh pulang ?”
Sompil       : “Siapa yang nyuruh ? tadi kan Cuma bercanda. Bego banget jadi orang. Silahkan duduk, saya panggilkan pak tabib.”
Papi+mami: ( heran )
Tak lama kemudian tabib datang
Tabib         : “Ada perlu apa Bu.. Pak.. ?”
Papi           : ”Begini pak, dari dulu sampai sekarang, kami masih seperti ini, padahal kami sudah berusaha berdo’a dan membanting tulang.”
Tabib         : “Haa??anda Membanting tulang??” (heran)
Mami        : “Bekerja keras maksudnya pak
Papi           : “Iyaa, sampai-sampai saya kebakaran jenggot karena usaha saya gagal melulu.”
Tabib         : “Apa??… Jenggot anda kebakaran??”(kaget)
Mami        : “Marah besar maksudnya pak.
Papi           : “Kami juga pernah gulung tikar sampai 30x.”
Tabib         : “Anda menjual tikar?”
Mami        : “Rugi maksudnya. Haduuh pak tabib tidak pernah makan bangku sekolahan ya?”
Tabib         : “Jelas tidak pernah, bangku sekolah kok dimakan, kasihan pemerintah! Sudah sudah dari tadi anda curhat saja. Sebenarnya apa masalah anda?”
Papi           : “Kami ingin kaya pak.
Tabib         : ”Kaya apa? Kaya monyet, kaya tomcat, kaya tukang pijat atau kaya saya?”
Mami        : “Kaya harta maksudnya.
Tabib         : “Kalian ini bagaimana, ingin kaya kok pergi ke tabib, pergi ke warung sana!”
Papi           : “Ngapain?”
Tabib         : “Belikan makanan, saya lapar!”
Mami        : “Pak tabib kami serius ingin jadi kaya.”
Tabib         : “Saya juga serius, saya ini lapar.”
Papi           : “Itu bukan urusan kami pak.”
Tabib         : “Tapi itu urusan perut saya.”
Mami        : “Sudah sudah, kami ini ingin kaya pak! Bisa bantu apa tidak?”
Tabib         : “Saya itu heran, sejak kapan seorang tabib bisa membuat orang jadi kaya?”
Papi           : “Ya sejak sekaranglah.”
Tabib         : “Anda ini bagaimana, saya itu tabib, bisanya Cuma menyembuhkan orang sakit, bukan bikin orang jadi kaya.” (menahan marah)
Mami        : “Papi kelihatannya kita salah alamat deh.”
Papi           : “Gak tau deh mi…”
Mami        : “Pulang aja yuuk pi.”
Papi           : “Emmm ya sudah pak, kami pamit dulu, permisii.”
Mami        : “Iya silahkan.”
Tiba-tiba sompil datang dengan membawa minuman, tetapi kedua orang tamu itu hendak pulang.
Sompil       : “Eh eh mau kemana, jangan pulang dulu, yang mau minum ini siapa?”
Mami        : “Minum saja sendiri.”
Sompil       : “Gak bisa gak bisa, minum dulu baru pulang.. gimana sih, udah susah-susah dibuatin!”
Papi+mami: (takut, kemudian meminum teh buatan sompil)
Sompil       ; “Nah gitu dong… emmmb anda yakin ingin kaya?”(tanya sompil kepada kedua tamu)
Papi           : “Gak tau.”
Mami        : “Papi pilih tangan kanan apa kiri?” (sambil mengangkat tangannya)
Papi           :(geleng-geleng)Yakin,anda tahu caranya?”
Sompil       : ”Pergi ke alamat ini, anda akan menemukan jawabannya.”
Mami        : “Alamat siapa ini?”
Sompil       : “TPA.” (Tempat Pembuangan Sampah )
Mami        : “Terimakasih. Kami akan pergi ke sana.”
Lalu, kedua orang tamu bodoh itu pergi ke tempat pembuangan sampah di kota dengan sangat girang.
Sore harinya sang tabib curhat kepada pembantunya (sompil) tentang keadaanya selama menjadi tabib.
Tabib         : “Sompil kenapa nasib saya seperti ini, sudah 10 tahun saya menjadi tabib, tapi tidak pernah mendapatkan pasien yang normal(sambil geleng-geleng)
Sompil       : “Sabar.” (sambil membersihkan meja)
Tabib         : “Tapi kenapa harus saya… Banyak tabib yang sukses, hidupnya enak, banyak harta dan hidup mewah.”
Sompil       : “Sabar.” (masih tetap membersihkan meja)
Tabib         : “Apa saya harus ganti provesi?” (sambil berpikir ala tabib ) “Ahaa!!” (berteriak sambil mengacungkan jari ) “Saya punya ide, bagaimana kalau kita bertukar provesi saja.Kamu jadi saya, saya jadi kamu!”
Sompil       : “Apa?” (kaget dengan tawaran majiannya yang aneh itu)
Tabib         : “Hanya 1 hari, bagaimana”
Sompil       : “Emmm” (bergaya berpikir ) “bisa!”
Tabib         : “Deal?
Sompil       : “Deal!
Sejak saat itu, tabib bergabti profesi menjadi sompil dan sompil sang pembantu berganti profesi menjadi seorang tabib.
Keesokan harinya.
Mia            : “Permisi ?
Tabib         : “Iya, mau cari siapa”
Mia            : “tabibnya ada?”
Tabib         : “Ada, silahkan masuk..Tuan ada tamuuu!” (sambil berteringak )
Lalu tabib datang dengan marah-marah
Sompil       : “Dasar sompil, saya itu majkan kamu!”(marah)
Tabib         : “Ooo iya, maaf tuan.”
Sompil       : “Pergi sana!”
Tabib pergi meninggalkan ruang tamu
Sompil       : “Ada perlu apa mbak?”
Mia           : “Begini lho,kemarin kan anda menyuruh saya pergi ke dokter dan sekarang saya sudah tidak ingin balas dendam lagi, oleh Karena itu,saya punya sedikit hadiah sebagai ucapan terima kasih saya.” ( sambil memberikan sebuah amplop )
Sompil       : (menerima amplop)Apa ini?”
Mia            : “Itu uang.”
Sompil       : “Saya juga tahu, tapi ini masih kurang.”
Mia            : “ini.” (memberi satu amplop lagi)
Sompil       : “Masih kurang.”
Mia            : “Ini.” (memberikan satu amplop lagi)
Sompil       : “Naaa ini baru cukup, terima kasih dan silahkan pulang.” ( sambil senyum-senyum )
Mia            : “Baik, permisi.”
Tak berselang lama, tiba-tiba ada dua orang tamu yang datang.
Papi           : “Assalamualaikumm.”
Sompil       : “Wa’alaikumsalam.”
Papi           : “Tabibnya ada?”
Sompil       : “Saya tabibnya, silahkan masuk.”
Mami        : “Papi, bener ini tabibnya?”(heran melihat tabib)
Papi           : “Nggak tahu.”
Mami        : “Papi yakin?”
Papi           : “Nggak tahu.”
Sompil       : “Ada perlua apa?” ( sahut sompil karena merasa kesal dicuekin)
Mami        : “beginii… apa benar anda tabibnya”
Sompil       : “Benar saya tabibnya.”
Papi+mami: “Ooooo…..” ( saling berpandangan)
Sompil       : “Ada perlu apa?”
Mami        : “Kemarin anda menyuruh kami pergi ke TPA dan ternyata saya menemukan sebuah kotak yang berisi  emasbatangan.oleh sebab itu Sebagai balas budi, kami ingin member sebongkah emas kepada anda.” (memberikan sebongkah emas kepada sompil )
Sompil       :  “Terima kasih.”
Tabib datang dengan membawa minuman untuk tamu
Tabib         : “Ini minumnya tuan, silahkan di makan!”
Mami+Papi: “Lhoo kok dimakan?” (heran)
Tabib         : “Dari pada di buang.”
Mami        : “Oo iya ya, kita kok bodoh ya pi.”
Tabib         : “Tuan, itu apa?” (Terkejut melihat emas dan banyak amplop di atas meja)
Sompil       : “Ini emas.”
Tabib         : “Lha terus yang sebelahnya apa?”
Sompil       : “Ini amplop.”
Tabib         : “Iya tuan saya tahu, tapi isinya apaa?”
Sompil       : “Isinya uang.”
Tabib         : “Uang dari mana?”
Sompil       : “Ya dari pasien yang kemarin kesini.”
Tabib         : “Lho kok jadi gini, saya itu tabib yang asli.”
Papi+Mami: “ (heran) “Lhooh lha anda siapa?” (tanya ke sompil)
Sompil       : “Saya ini yang asli, dia yang palsu.”
Tabib         : “Siapa yang palsu, saya itu memperkenalkan diri.”
Sompil       : “Yang pengen kenal kamu itu siapa?”
Tabib         : “Lhooo siapa yang ingin kenal aku?”
Tiba-tiba mia datang dengan tergesa-gesa.
Mia            : “Permisi!”
Sompil       : “Iya silahkan masuk!”
Mia            : “Maaf tas saya ketinggalan, ada tas nggak?”
(dicuekin)
Tabib         : “Sompil bagaimana bisa kamu mendapatkan emas dan uang sebanyak itu?”
Sompil       : “Saya sekarang itu tabib, bukan sompil.”
Tabib         : “Kapan kamu jadi tabib?”
Sompil       : “Sejak kita mengadakan kesepakatan.”
Tabib         : “Tapi mana buktinya?”
Sompil       : “Deal.” (sambil mengangkat tangan )
Tabib         : “Itu bukan bukti sompil!”
Mia            : “Permisi tas saya ada?”
Tabib         : “Diam kamu!”
Sompil       : “Diam kamu!”
Tabib         : “Kamu kenapa ikut-ikutan?”
Sompil       : “Iiiiihh,,PD”
Mami        : “Lagi bertengkar ya mbak?” (bertanya dengan nada santai )
Sompil       : “Diam kamuuu! Kamu itu sudah untung saya pekerjakan disini.”
Tabib         : “Enak saja kamu bicara?” (marah)
Sompil       : “Mulut-mulut siapa masalah buat loe!”
Tabib         : “Baik mulai sekarang saya akan pergi dari rumah ini.”
Sompil       : “Silahkan!”
Tabib         : “Fine!” (pergi meninggalkan rumah)
Sompil       : “Don’t smile you cry.” (sambil melambaikan tangan)
Kemudian para tamu bertepuk tangan dan memberikan selamat kepada sompil karena memenangkan pertengkaran. Akhirnya sompil menjadi tabib terkenal dan kaya raya.


~TAMAT~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar